Kemampuan Dasar untuk Menjadi Desainer Grafis

Memiliki kemampuan desain grafis di dunia digital saat ini memang sangat dibutuhkan. Sebab, dalam penyebaran konten-konten di dunia internet mutlak memerlukan tampilan yang bisa memikat mata.

Jika anda ingin mengupload gambar di berbagai akun sosial media anda, maka tidak lengkap rasanya jika anda tidak memiliki sedikit pengetahuan tentang desain grafis.

Pun begitu, postingan ataupun artikel yang anda buat biasanya kurang diminati jika tidak didukung dengan desain grafis yang ciamik.

desainer grafis makassar inqilabi

Kemampuan DASAR Untuk Menjadi DesainER Grafis

Bagi anda yang memiliki sense of art atau selera terhadap seni dan ingin mengaplikasikan kemampuan atau minat seni anda dalam dunia desain, ada baiknya anda membaca sedikit ulasan dari inqilabi berikut ini mengenai kemampuan-kemampuan apa saja yang anda butuhkan untuk menjadi seorang desainer grafis.

1 Kemampuan Imajinasi

Seni pada dasarnya melibatkan unsur keindahan. Pada manusia dalam banyak penelitian dikemukakan bahwa kemampuan imajinasi seseorang ditentukan oleh kemampuan otak kanan yang dimilikinya.

Sebab seni yang merupakan salah satu kecerdasan yang dimiliki oleh manusia, banya dipengaruhi oleh belahan otak kanan manusia yang imajinatif.

Jika anda memiliki kemampuan imajinasi yang tinggi maka ini merupakan modal besar bagi anda untuk menjadi seorang desainer grafis.

Kemampuan imajinasi yang anda miliki sangat berguna dalam menciptakan ide-ide baru ataupun kemampuan untuk menampilkan sebuah karya yang bisa mempengaruhi jiwa seseorang.

Sedangkan jika anda memiliki kemampuan imajinasi yang tidak terlalu kuat, namun berkomitmen untuk menjadi desainer grafis maka anda tidak usah bersedih hati.

Sebab, kemampuan imajinasi ini bisa dilatih. Namun, memang diperlukan kerja keras untuk memiliki kemampuan ini.

2. Memiliki Perbendaharaan Ide

Ada orang yang memiliki banyak ide merupakan salah satu hal yang amat penting dalam dunia desain grafis. Menciptakan ide-ide baru sangatlah dibutuhkan terutama pada saat menentukan apa yang akan dibuat.

Seseorang yang tidak terbiasa memiliki ide akan sangat sulit untuk menghasilkan karya.

Sedangkan tugas pertama yang diperlukan untuk membuat karya adalah adanya ide. Ide ini yang akan nantinya mempengaruhi konsep dan apa yang akan dibuat.

3. Peka dengan Warna

Untuk menampilkan gambar yang menarik memang dibutuhkan paduan warna yang sesuai. Warna yang sesuai dengan tema atau ide yang ingin disampaikan terbukti akan sangat mudah diterima atau ditangkap bagi yang melihatnya.

Oleh sebab itu, kepekaan anda terkait dengan warna dan penggunaannya dalam karya anda nantinya sangat dibutuhkan.

Kepekaan warna ini juga menyangkut kemampuan untuk melihat gradasi warna. Tidak hanya mengenai kepekaan warna-warna primer tetapi warna-warna sekunder pun harus diketahui.

4. Tahu Perkembangan Trend

Desain grafis biasanya seiring atau mengikuti trend atau perkembangan yang ada. Trend ini sendiri bagi seorang desainer grafis bisa menjadi salah satu ladang ide.

Pun disaat berbicara dengan karya, biasanya desain-desain yang dibuat akan mudah diterima dengan baik jika mengikuti trend yang ada (kekinian).

Baca juga: Hal Hal Istimewa dan Menarik Menjadi Grafik Desainer

Inilah beberapa kemampuan yang harus anda miliki dan asah untuk menjadi desainer grafis. Salah satu rekomendasi untuk memesan desain grafis terutama desain grafis Makassar adalah di Inqilabi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

sixteen + three =